Kamis, 05 Maret 2015

Contoh Pengutipan Dalam Bahasa Indonesia



1.      Kutipan Langsung Kurang Dari 4 baris

Semen yang akan digunakan untuk pekerjaan beton harus disesuaikan dengan rencana kekuatan dan spesifikasi teknik yang diberikan “... pemilihan semen yang akan digunakan sebagai bahan campuran beton yang tahan terhadap serangan sulfat adalah berapa banyak kandungan C3A-nya” (Mulyono, 2003:83)


Warpani (2002:24) menyimpulkan “pengelolaan angkutan jalan adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sistem angkutan jalan untuk mencapai sistem pelayanan yang efisien dan andal”.

2.      Kutipan langsung lebih dari 40 kata
 Hary Christiady Hardiyatmo berpendapat tentang sistem cakar ayam pada tanah  ekspansif sebagai berikut.
      Tanah ekspansif (expansive oil) adalah istilah yang digunakan pada material    tanah atau batuan yang mempunyai potensi penyusutan atau pengembangan oleh pengaruh perubahan kadar air. Tanah-tanah lempung yang banyak mengandung banyak mineral montmorillonite mengalami perubahan volume yang signifikan, ketika kadar air berubah. Pengurangan kadar air menyebabkan lempung menyusut, dan sebaliknya bila kadar air bertambah lempung mengembang (Hardiyatmo, 2010:38).

Ali Asroni menjelaskan tentang perencanaan dengan membuat diagram sebagai berikut.
      Cara perencanaan tulangan dengan membuat diagram interaksi, dilaksanakan dengan membuat diagram interaksi berdasarkan kuat rencana kolom yang memuat rasio tulangan 1%, 2%, 3%. Jika dibuat diagram dengan rasio tulangan >3% (misalnya 4% atau 5% dan seterusnya samapi 8%), umumnya akan diperoleh hasil tulangan yang terlalu rapat, sehingga sulit untuk dipasang (menyulitkan dalam pelaksanaan pekerjaan pemasangan tulangan kolom). (Asroni, 2010:35)


3.      Kutipan Tidak Langsung


Mulyono (2003:53) menyatakan bahwa air yang digunakan untuk campuran beton harus bersih, tidak boleh mengandung minyak, asam, alkali, zat organis atau bahan lainnya yang dapat merusak beton atau tulangan


Khisty dan Kent (2005:88) menyimpulkan bahwa teori lokasi adalah alat yang berguna untuk memahami di mana, dan mengapa, berbagai aktivitas wilayah perkotaan ditempatkan


Mulyono (2003:88) menjelaskan bahwa serapan air dihitung dari banyaknya air yang mampu diserap oleh agregat pada kondisi jenuh permukaan kering (JPK) atau saturated surface dry (SSD)


4.      Kutipan yang ada kesalahan penulisan
Soekoto (1972:102) menjelaskan bahwa alternatip [sic!] kedua ialah dengan menghentikan salah satu (atau lebih) pusat produksi, dan kalau dengan demikian terjadi kekurangan, perintah lembur diberikan kepada pusat-pusat yang aktip [sic!]

Soekoto (1972:196) berpendapat bahwa di dalam inspeksi ini, seorang manajer secara langsung menilai hasil karya satuan-satuan bawahannya berikut pimpinannya, dan di dalam hal diketemukannya kesalahan-kesalahan, baik yang kecil ataupun yang besar, dia dapat secara langsung menegor [sic!] dan memberikan koreksi-koreksi yang dipandangnya perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar